Blog Fisika Inovatif SMA Doro Pekalongan merupakan wadah untuk memberikan bimbingan online kepada siswa-siswi maupun khalayak umum yang masih awam baik bimbingan konsep fisika murni maupun fisika terapan untuk mendalami inovasi Fisika khususnya di bidang Elektronika Digital Otomasi dan Robotika tingkat dasar untuk dikembangkan di dunia masing-masing....


Friday 29 March 2013

Fungsi String Visual Basic



Dalam Visual Basic terdapat banyak fungsi yang digunakan untuk mengolah data bertipe string. Berikut ini adalah penjelasan tentang fungsi-fungsi string yang sering digunakan.
  • LCase(x) , digunakan untuk mengubah semua huruf dalam string x menjadi kecil semua. Contoh:
    s = LCase("Aku Bisa") , maka nilai s adalah "aku bisa"

  • UCase(x) , digunakan untuk mengubah semua huruf dalam string x menjadi besar semua. Contoh:
    s = LCase("Aku Bisa") , maka nilai s adalah "AKU BISA"

  • Left(x,n) , digunakan untuk mengambil karakter dari string x yang dimulai dari kiri sebanyak n. Contoh:
    VB 6.0, s = Left("Aku Bisa", 3)
    VB .NET, s = Strings.Left("Aku Bisa", 3)
    maka nilai s adalah "Aku"

  • Right(x,n) , digunakan untuk mengambil karakter dari string x yang dimulai dari kanan sebanyak n. Contoh:
    VB 6.0, s = Right("Aku Bisa", 3)
    VB .NET, s = Strings.Right("Aku Bisa", 3)
    maka nilai s adalah "isa"

  • Mid(x,m,n) , digunakan untuk mengambil karakter dari string x yang dimulai dari karakter ke m sebanyak n. Contoh:
    s = Mid("Aku Bisa", 2, 2) , maka nilai s adalah "ku"

  • LTrim(x) , digunakan untuk menghapus karakter spasi di bagian kiri dari string x.
    Contoh: s = LTrim("     Aku Bisa     ") , maka nilai s adalah "Aku Bisa     "

  • RTrim(x) , digunakan untuk menghapus karakter spasi di bagian kanan dari string x.
    Contoh: s = RTrim("     Aku Bisa     ") , maka nilai s adalah "     Aku Bisa"

  • Trim(x) , digunakan untuk menghapus karakter spasi di bagian kiri dan kanan dari string x. Contoh:
    s = Trim("     Aku Bisa     ") , maka nilai s adalah "Aku Bisa"

  • Len(x) , digunakan untuk menghitung jumlah karakter dari string x. Contoh:
    s = Len("Aku Bisa") , maka nilai s adalah 8.

  • String(n,x) , digunakan untuk membuat karakter x sebanyak n. Contoh:
    VB 6.0,  s = String(10, "A")
    VB .NET, s = New String("A", 10)
    maka nilai s adalah "AAAAAAAAAA"

  • Space(n) , digunakan untuk membuat karakter spasi sebanyak n. Contoh:
    s = Space(10) , maka nilai s adalah "          "

  • Asc(x) , digunakan untuk mengetahui nilai ASCII dari karakter x. Contoh:
    s = Asc("A") , maka nilai s adalah 65

  • Chr(x) , digunakan untuk mengetahui karakter dari nilai ASCII x. Contoh:
    s = Chr(65) , maka nilai s adalah "A"

  • InStr(x,n) , digunakan untuk mengetahui posisi karakter n didalam string x. Contoh:
    s = InStr("Aku Bisa", "u") , maka nilai s adalah 3

  • StrComp(x,y,n) , digunakan untuk membandingkan string x dan string y berdasarkan n. Jika n bernilai 0 maka akan dibandingkan secara case-sensitive, sedangkan jika n bernilai 1 maka akan dibandingkan secara biasa. Contoh:
    s = StrComp("Aku", "aku", 0) , maka nilai s adalah -1
    s = StrComp("Aku", "aku", 1) , maka nilai s adalah 0
    Khusus untuk fungsi ini, jika menghasilkan nilai 0 maka dianggap sebagai True, dan jika menghasilkan nilai selain 0 maka dianggap False.

  • StrConv(x,n) , digunakan untuk mengubah huruf dalam string x berdasarkan nilai n. Contoh:
    s = StrConv("Aku Bisa", 1) , maka nilai s adalah "AKU BISA"
    s = StrConv("Aku Bisa", 2) , maka nilai s adalah "aku bisa"
    s = StrConv("aku bisa", 3) , maka nilai s adalah "Aku Bisa"

  • StrReverse(x) , digunakan untuk membalikkan posisi huruf dalam string x. Contoh:
    s = StrReverse("Aku Bisa") , maka nilai s adalah "asiB ukA"

  • Replace(x,m,n) , digunakan untuk menggantikan karakter m dalam string x dengan karakter n. Contoh:
    s = Replace("Kamu Juga Bisa", "a", "o") , maka nilai s adalah "Komu Jugo Biso"

  • Split(x,n)(i) , digunakan untuk memecah string x berdasarkan karakter n dengan penomoran i. Contoh:
    s = Split("Kuda,Kerbau,Sapi,Kambing,Macan", ",")(0) , maka nilai s adalah "Kuda"
    s = Split("Kuda,Kerbau,Sapi,Kambing,Macan", ",")(1) , maka nilai s adalah "Kerbau"
    s = Split("Kuda,Kerbau,Sapi,Kambing,Macan", ",")(4) , maka nilai s adalah "Macan"

  • Join(x,n) , digunakan untuk menggabungkan rangkain string x yang dihubungkan dengan string n. Contoh:
    VB6, s = Join(Array("Hani", "Indah", "Budi", "Herman"), " & ")
    VB.NET, s = Join(New Object() {"Hani", "Indah", "Budi", "Herman"}, " & ")
    maka nilai s adalah "Hani & Indah & Budi & Herman"



Fungsi-fungsi diatas juga dapat djadikan fungsi lain diantaranya adalah :
  1. Mengecek keberadaan string dalam string. Misalnya Anda ingin memeriksa ada tidaknya string "a" dalam string "anda berhasil", maka kodenya adalah :
    If CBool(InStr("anda berhasil", "a")) Then
    'jika ada
    Else
    'jika tidak ada
    End If
  2. Menghitung karakter tertentu dalam string. Misalnya Anda ingin menghitung karakter "a" dalam string "anda berhasil", maka kodenya adalah :
    t = "anda berhasil"
    s = Len(t) - Len(Replace(t, "a", ""))
    maka nilai s adalah 3

  3. Menghitung jumlah kata dalam string. Misalnya Anda ingin menghitung jumlah kata dalam string "anda berhasil", maka kodenya adalah :
    s = UBound(Split("anda berhasil", " ")) + 1
    maka nilai s adalah 2

  4. Menghilangkan karakter tertentu dalam string. Misalnya Anda ingin menghilangkan karakter "a" dalam string "anda berhasil", maka kodenya adalah :
    s = Replace("anda berhasil", "a", "")
    maka nilai s adalah "nd berhsil"

  5. Mengisi variabel array dinamis dengan string. Contoh kodenya sebagai berikut :
    Dim Binatang() As String
    Binatang = Split("Kuda,Kerbau,Sapi,Kambing,Macan", ",")
    maka variabel Binatang memiliki 5 index (0-4) dengan rincian:
    nilai Binatang(0) = "Kuda"
    nilai Binatang(1) = "Kerbau"
    nilai Binatang(2) = "Sapi"
    nilai Binatang(3) = "Kambing"
    nilai Binatang(4) = "Macan"

1 comments:

TonoMaryono said...

Bisa Copas kan?...
Jadi Untuk belajar tidak mesti harus buka Blog ini...hehehe

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews